Web Science for Society - Artikel Komputer dan Masyarakat

sumber gambar : visual.ly

Web science lahir dari hasil suatu pemikiran manusia kehidupan manusia yang tidak bisa lepas dari teknologi. Web Science for Society merupakan gabungan dari beberapa istilah yang berbeda. Web (website atau situs) diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Science (ilmu pengetahuan) adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Masyarakat (society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama. Sehingga, Web Science fo Society dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari dunia maya tanpa harus menuju ke sumber informasi yang memiliki banyak pengaruh bagi masyarakat.
Dalam kajian ilmu "Komputer dan Masyarakat", kita mempelajari bagaimana membangun kapasitas dan mengembangkan cara inovatif untuk menghubungkan sains (dalam hal ini adalah ilmu tentang teknologi) ke masyarakat. Hal ini akan membuat dunia teknologi menjadi lebih menarik (terutama bagi kaum muda) sehingga bisa meningkatkan selera masyarakat akan inovasi dan membuka penelitian atau inovasi lebih lanjut. Untuk lebih memasyarakatkan teknologi, maka kita harus melibatkan masyarakat secara lebih luas dalam kegiatan penelitian dan inovasi dan meningkatkan akses terhadap hasil kemajuan teknologi yang sudah ada. Masyarakat harus ikut berkontribusi dalam kemajuan teknologi. Dengan kata lain kita tidak hanya menjadikan masyarakat sebagai konsumen bagi hasil pengembangan teknologi, namun juga memaksimalkan peran masyarakat agar ikut berkontribusi dalam pengembangan teknologi sehingga masyarakat bisa mengerti sejauh mana teknologi itu sudah dikembangkan. Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi masyarakat. Teknologi memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat. Hal ini yang akan membuat orang percaya bahwa ada hubungan sinergis antara masyarakat dan teknologi, karena masyarakat dapat bergantung dengan adanya teknologi.
Dewasa ini semua sektor di kehidupan masyarakat telah mengalami perkembangan. Tak terkecuali dengan dunia teknologi dan komunikasi. Semua yang berkaitan dengan teknologi dan komunikasi semakin berkembang sejak lahir dan berkembangnya internet.
"Web Science" semakin berpengaruh terhadap masyarakat semenjak mulai dikembangkannya internet. Penemuan internet dan berkembangnya website dapat memberikan berbagai kemudahan bagi manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Pada saat ini komunikasi bisa dilakukan melalui jaringan yang tersebar di seluruh dunia. Kemajuan teknologi ini merupakan salah satu evolusi yang paling penting dalam komunikasi manusia. Internet telah menjadi bagian yang sangat penting dalam masyarakat saat ini. Internet dapat menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia setiap hari. Internet juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan dalam masyarakat antara lain untuk komunikasi, perdagangan, pembelian, penjualan saham, dan juga bagi industri periklanan. Penemuan dan perkembangan teknologi mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan mengakses informasi di seluruh dunia. Dalam beberapa atahun  sebelumnya, Internet bukanlah sumber informasi yang utama dan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Berbagai macam informasi dan kecepatan tinggi untuk dapat berbagi informasi menjadi alasan utama di balik pertumbuhan internet. Manusia memiliki waktu yang terbatas, sehingga setiap kejadian di sekitar masyarakat merupakan faktor yang membuat media sukses besar. Kebutuhan masyarakat akan teknologi tiap hari semakin meningkat. Perubahan teknologi yang cepat terjadi pada masyarakat sekarang ini telah membantu internet untuk memberikan berita kepada masyarakat dalam waktu yang sangat cepat.
Informasi merupakan sebuah hal penting demi pembangun pemahaman dan pengetahuan umat manusia. Dahulu sebelum berkembangnya website seperti sekarang ini, penyampaian berbagai informasi dilakukan dengan manual seperti menggunakan tulisan. Selain itu penyampaian informasi sebelum perkembangan website dapat dilakukan dengan berita mulut ke mulut. Manfaat website makin terasa setelah website semakin berkembang, kini berbagai informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat, kapan saja dan di mana saja selama jaringan internet memungkinkan. Adanya website ini memudahkan para pencari informasi mendapatkan informasi kapanpun dan dimanapun. Jenis informasi yang dicaripun juga sangat bervariasi. Segala jenis informasi yang dicari oleh pengguna internet dapat ditemukan di website. Manfaat website sebagai sarana pemberi informasi secara tidak langsung turut serta dalam memajukan pengetahuan masyarakat. Akan tetapi sebagai pengguna yang baik, ada baiknya jika kita senantiasa mengingatkan orang-orang di sekitar kita agar lebih bijak dalam menggunakan website. Tidak semua informasi yang disajikan oleh website, dapat langsung diterima begitu saja. Memilih dan memilah infomasi mana yang akan dipakai dan informasi mana yang tidak akan dipakai sangatlah penting. Terlebih lagi jika sang pengakses website adalah anak-anak yang masih di bawah umur serta membutuhkan pengawasan orang tua. Karena pada masa sekarang ini, kebebasan dalam mengakses informasi sudah tidak ada batasan lagi, maka pengawasan orang tua terhadapnya anak-anak dalam mengakses website perlu ditingkatkan pula.
Hubungan "Web Science" dan masyarakat memang sangat erat sekali. Untuk itu hasil penelitian teknologi sains harus disebarluaskan kepada masyarakat. Dengan cara seperti ini, diharapkan suatu hasil penelitian dapat cepat diketahui sekaligus diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
Kemajuan internet telah membawa perubahan besar bagi dunia. Sepanjang sejarah, internet dan teknologi telah mempengaruhi manusia dalam kemampuan mereka untuk mengontrol dan menyesuaikan diri dengan lingkungan alaminya. Berkat internet dan teknologi, sekarang ini kita memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan siapa pun yan ada di seluruh dunia. Tidak ada hambatan untuk berkomunikasi, teknologi telah membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah untuk tetap berhubungan dengan teman lama, dan juga membantu memperkuat hubungan antar sesama, teknologi telah membawa dunia lebih dekat dan dapat bertukar pikiran untuk mencari solusi yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah dengan cepat. Dan juga kemajuan teknologi dapat lebih cepat untuk seseorang mengambil keputusan dan menyebabkan perkembangan dan kemajuan bagi dunia.
Kemajuan teknologi modern seperti Telepon genggam, Komputer, dan Internet telah meminimalkan rintangan terhadap komunikasi. Pada komputer yang memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengelola, dan mengatur informasi dan data yang ada. Kemudian infrastruktur internet, melalui web di seluruh dunia telah memungkinkan banyak orang berkomunikasi melalui Email maupun Website, memanfaatkan kemudahan media dan file sharing, dan lain sebagainya. Internet juga telah melahirkan perubahan positif yang signifikan dalam iklan dan industri hiburan. Oleh karena itu, iklan dapat menjangkau populasi yang sangat besar hanya dalam beberapa detik saja. Untuk itu, internet telah memungkinkan masyarakat untuk menghubungkan dan untuk pertukaran informasi secara global. Teknologi telah memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi dengan cepat dan bebas pada skala global dengan mengubah dunia menjadi lebih terbuka.
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu komoditas. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan dampak negatif juga bagi manusia. Untuk itu, kita perlu memperhatikan penggunaan teknologi agar tetap sesuai dengan etika dalam masyarakat.
Latest
Previous
Next Post »

Add your comment here ConversionConversion EmoticonEmoticon