8 Alasan Mengapa Kamu Harus Bahagia Ketika Kamu Gagal - 8 Reasons You Should Be Happy When You Fail

Image Credit | Thepursuitofhappyness
Hello word! Artikel kali ini berisi tentang motivasi hidup. Di sini saya akan mencoba memberi beberapa pandangan bagaimana kita menghadapi sebuah kegagalan. Okay selamat membaca!

Kamu sudah pernah mengalami kegagalan belakangan ini? Jika kamu sudah mengalaminya, kamu sudah dekat dengan keberhasilanmu. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang bisa mengatakan bahwa mereka belum pernah gagal dalam kehidupan mereka.

Kegagalan adalah suatu bagian alami dari proses pertumbuhan, pendewasaan dan proses pengembangan umat manusia. Kita gagal karena kita sedang mengalami proses perkembangan, kita belajar dan kita menginginkan solusi untuk masalah hidup kita. Kita selalu merasa ingin tahu, dan rasa ingin tahu tersebut akan mengantar kita kepada kesuksesan, dan kegagalan menjadi bagian penting dari semua.

Namun sayang sekali, kebanyakan dari kita menganggap bahwa kegagalan adalah suatu hal yang buruk, kelemahan, ataupun nasib sial. Kesalahan yang sama terdapat pada perilaku yang secara terus-menerus kita lakukan yaitu selalu berkecil hati. Perilaku tersebut akan menggagalkan usaha kita untuk menjadi orang yang lebih baik.

Di saat kita mengalami kegagalan, kita mungkin merasa ini adalah waktu yang tepat untuk menyerah, dan berfikir bahwa semua usaha kita sudah berakhir. Kita menyesali sesuatu yang telah kita lakukan dan mencari alasan mengapa kita melakukan hal tersebut.

“ Kegagalan adalah sebuah momen, bukan sebuah akhir.” - Zig Ziglar


Saat kita semua membuat kesalahan, kamu harus ingat bahwa kesalahan tersebut seharusnya tidak mempengaruhi  kondisi emosional mu. Kamu akan merasa sedih ketika kamu gagal, dan itu adalah hal yang normal. Tetapi menyerah kepada mimpi-mimpi mu bukanlah hal yang benar untuk dilakukan.

Di bawah ini adalah 8 langkah-langkah yang akan membantu mu lepas dari rasa takut karena membuat kesalahan dan membantu mu agar bisa memaafkan dirimu sendiri:

1. Jika kamu tidak pernah membuat kesalahan, itu berarti kamu belum mencoba


Untuk mencapai keberhasilan dalam pekerjaan apapun, kamu harus berani mengambil resiko dan pengambilan resiko tersebut berarti kamu mungkin akan mengalami kegagalan.
Itu adalah hal yang manusiawi apabila kamu merasa takut saat melakukan hal tersebut, tetapi kamu harus ingat, itu adalah sebuah tanda bahwa kamu  sedang mencoba untuk menemukan solusi permasalahan hidupmu. Jangan terlalu memikirkan kegagalan yang mungkin terjadi, tetapi gunakan kegagalan tersebut sebagai alat untuk belajar. Pelajari pesan yang muncul dari kegagalan itu dan mulai perbaiki kesalahanmu. Jika kamu sudah belajar dari kegagalan mu, kamu tidak akan mengulanginya lagi, dan kamu akan menjadi lebih kuat, lebih berpengalaman dan lebih bijaksana dalam menghadapi setiap kegagalan.


2. Semua orang pernah melakukan kesalahan


Sebagai seorang manusia, kita tidak bisa jauh dari kesalahan dan tidak ada pengecualian untuk siapapun. Tidak ada cara paten untuk menghadapi suatu permasalahan hidup. Kita menjalani hidup dengan terus mencoba dan gagal, jadi sudah wajar apabila kita melakukan kesalahan. Meskipun orang lain telah melakukan hal itu sebelumnya, untuk melakukannya pada tingkat level yang lebih tinggi kita harus berani mengambil resiko untuk membuat kesalahan. Jangan menyerah karena hal tersebut, tetapi lihatlah bahwa resiko tersebut sedang membawa mu menuju sesuatu yang spesial. Lihat apa saja yang sudah kamu lakukan dan lakukan lebih baik lagi, dan ingat jangan menyerah. Kamu akan semakin mendekati keberhasilan jika kamu tidak menyerah begitu saja.

3. Kegagalan adalah tanda bahwa kamu sedang mengalami peningkatan


Ketika kamu sadar bahwa kamu melakukan kesalahan dalam melakukan suatu hal, jangan pernah berfikir untuk menyerah, itu bisa berarti kamu sudah berada pada jalur yang tepat. Yakinlah dan motivasi dirimu sendiri bahwa kesalahan yang kamu lakukan saat ini sedang membantu mu menjadi lebih baik dalam hal yang sedang kamu lakukan. Kamu juga akan menjadi lebih kuat dan mengetahui lebih banyak hal. Berusahalah agar kesalahanmu selalu menjadi lebih baik dari kesalahan sebelumnya.


4. Jika kamu mengalami kegagalan berarti kamu orang yang berani


Butuh keberanian yang besar untuk mencoba sesuatu dan melakukan kesalahan. Kamu berani menginvestasikan waktu, energi dan uang mu ke dalam sesuatu yang tidak kamu ketahui apa hasilnya nanti. Meskipun kamu mungkin akan gagal, faktanya kamu sudah memberikan segalanya yang kamu punya untuk mencoba hal tersebut. Berani bukan berarti kamu tidak akan mengalami ketakutan, itu berarti meskipun kamu memang ketakutan kamu sudah cukup berani untuk mencoba.


5. Kegagalan membuat kamu lebih kuat


Setelah kamu mengalami kegagalan beberapa kali, kamu pasti menjadi lebih tabah. Ketika kamu gagal wajar saja apabila kamu merasa takut, frustasi dan bahkan marah. Tetapi apabila kamu bersedia untuk menerima kekecewaan dan kemarahan mu, kamu akan menyadari betapa kuatnya dirimu. Kamu juga akan lebih dekat dengan keberhasilan dan kamu bisa membuktikan kepada dirimu dan orang lain bahwa kamu tentu saja bisa berhasil.

“ Pemenang tidak takut pada kegagalan. Tetapi pecundang lah yang takut. Kegagalan menjadi bagian dari proses kesuksesan. Orang yang menghindari kegagalan juga menghindari kesuksesan.”– Robert T. Kiyosaki


6. Kegagalan membantu dirimu untuk tumbuh


Ketika kamu gagal dan kamu mau menerima rasa kekecewaan mu, kamu bisa menggali lebih dalam kekuatan di dalam dirimu yang bahkan tidak kamu ketahui. Kamu akan menyadari betapa kuatnya dirimu dan betapa tabahnya dirimu. Untuk tumbuh menjadi lebih kuat kamu harus lebih ditekan, dan kegagalan akan membantu mu menemukan kekuatan dalam dirimu untuk melanjutkan pekerjaanmu. Kegagalan membantu mu keluar dari zona nyaman agar kamu bisa melakukannya lebih baik lagi.


Banyak dari kita sudah tahu bahwa sebuah hal terjadi untuk sebuah alasan, dan meskipun demikian ketika kita gagal, alasan kegagalan kita tidak akan muncul begitu saja. Orang yang bersikap terbuka akan mudah memahami bahwa kegagalan mereka menawarkan banyak peluang lain untuk mereka. Perumpamaan "ketika satu pintu menutup akan lebih banyak pintu yang akan terbuka" memang benar. Kamu harus punya keinginan untuk melihat peluang itu dan mengambilnya. Kegagalan hanyalah sebuah pintu yang menutup dan pintu peluang yang lain terbuka karena kegagalan itu. Kegagalan bukan akhir mimpi mu tetapi permulaan dari sesuatu yang lebih menjanjikan dan lebih indah.

7. Kegagalan memberi mu kesempatan untuk belajar berbagai hal baru


Perhatikan orang-orang yang berperan penting dalam sejarah dan lihat bagaimana mereka menyikapi kegagalan. Thomas Edison berkata bahwa ia tidak gagal, ia hanya menemukan beribu-ribu jalan untuk memecahkan masalah itu. Dia berkata bahwa dia sedang mempelajari beberapa cara lain untuk memecahkan masalah yang sama. Ini adalah sebuah mentalitas yang kamu perlu kamu kembangkan. Kegagalan bukanlah akhir tetapi suatu kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan kesempatan untuk mencoba cara lain untuk memecahkan masalah yang sama.

8. Kegagalan memberi mu solusi lain yang tidak pernah kamu duga


Jika kamu tidak pernah mencoba kamu tidak akan pernah tahu apakah ide mu akan berhasil atau tidak. Jika kamu tidak mencoba, kamu tidak tahu bahwa sebenarnya kamu sudah gagal, tetapi akan lebih baik jika kita gagal daripada kita menyesal karena tidak pernah mencoba. Ketika kamu mencoba untuk mencapai sesuatu, hasil yang kamu dapatkan bisa saja berbeda, bahkan lebih besar. Dan kegagalan mu adalah bagian dari cerita kesuksesan mu.

Kamu akan gagal dan akan selalu gagal selama kamu tidak mencoba untuk melakukan sesuatu dan hanya pasrah pada keadaan. Gunakan kegagalan mu sebagai batu loncatan untuk mencapai tujuan mu dan jadikan itu sebagai sebuah kebiasaan. Kegagalan tidak harus dianggap sebagai sebuah kesialan.

Gunakan kegagalan sebagai peluang untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Dari semua itu kita bisa menyimpulkan bahwa ketika kita menghadapi sebuah masalah, kita akan berhasil mengatasinya jika kita tidak menyerah.



sumber : addicted2success
Previous
Next Post »

Add your comment here ConversionConversion EmoticonEmoticon