Menurunya Prestasi Belajar Siswa




                                                                               
Prestasi Belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami suatu proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar juga diartikan sebagai kemampuan maksimal yang dicapai seseorang dalam suatu usaha yang menghasilkan pengetahuan atau nilai – nilai kecakapan. Di sekolah hasil belajar dinyatakan dalam angka-angka (nilai) dalam semua mata pelajaran yang diberikan. Jadi bentuk angka (nilai) ini merupakan lambang untuk prestasi (hasil belajar siswa). Namun akhir-akhir ini hasil belajar siswa yang diharapkan oleh semua pihak mengalami penurunan. Penurunan ini terutama bisa dilihat dari hasil ulangan harian, Mid semester, serta Ulangan Umum di sekolah. Penurunan tersebut dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa, diantaranya :

1.      Siswa kurang merasa senang atau kurang semangat dalam belajar.

2.      Siswa mengikuti pelajaran semata – mata agar tidak tinggal kelas.

3.      Siswa mengikut belajar bukan untuk menambah ilmu, tetapi diharuskan mengikuti pelajaran yang ada.

4.      Prestasi belajar rendah karena motivasi belajarnya rendah.

Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Menurunnya Prestasi Belajar 

Menurunnya hasil belajar siswa tersebut diakibatkan beberapa factor. Faktor  yang mempengaruhi seseorang dalam belajar itu banyak jenisnya. Faktor – faktor belajar itupun dibagi menjadi dua bagian yaitu faktor intern yang berasal dari dalam dan factor ekstern atau berasal dari luar. Factor intern banyak dipengaruhi dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal dipengaruhi oleh lingkungan, baik itu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah  dan lingkungan masyarakat. Antar kedua faktor itu masing masing bisa mempengaruhi seseorang untuk meningkatkan prestasinya yang diperoleh dengan cara belajar.
                                           

A.    Faktor Internal (dari dalam diri siswa)

     1.      Sikap siswa dalam belajar cendrung acuh.
     2.      Minat siswa belajar rendah
     3.      IQ dan  kemampuan belajar siswa rendah
     4.      Perasaan tidak nyaman yang dirasakan siswa
     5.      Semangat belajar siswa yang kurang,
     6.      Siswa tersebut belum mampu menemukan bakat yang ia miliki
     7.      Faktor biologis dari dalam diri siswa
     8.      Konsentrasi Belajar siswa rendah
     9.      Siswa terlalu Santai
     10.  Siswa terlalu menggampangkan tugas
     11.  Motivasi belajar siswa rendah
     12.  Cara belajar siswa di rumah kurang tepat
     13.  Minat siswa untuk mengikuti pelajaran rendah
     14.  Faktor fisiologis, yaitu meliputi segala hal yang berhubungan dengan keadaan fisik/jasmani individu seseorang.
     15.  Kelelahan dan Kejenuhan dalam Belajar.
     16.  Kurangnya Kematangan dan Kesiapan siswa menghadapi pelajaran







B.     Faktor Eksternal
*        Lingkungan Keluarga


1.      Kurang adanya rasa aman dan nyaman dalam keluarga
2.      Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua
3.      Hubungan orang tua dan anak kurang baik
4.      Orang tua tidak meluangkan waktu bersama anak
5.      Kurangnya pengawasan orang tua terhadap pergaulan anak
6.      Keadaan ekonomi keluarga yang kurang baik



*        Lingkungan Sekolah


1.      Lingkungan belajar siswa kurang kondusif
2.      Metode mengajar guru kurang Variatif.
3.      Sarana prasarana sekolah kurang memadai
4.      Adanya kurikulum yang kurang  baik dalam pembelajaran
5.      Penggunaan metode mengajar yang tidak efektif dan variatif
6.      Guru kurang bersemangat dalam mengajar.
7.      Cara penyajian pelajaran kurang baik.
8.      Hubungan guru dengan siswa kurang baik
9.      Relasi siswa dengan siswa lain kurang baik.
10.  Penerapan disiplin di sekolah kurang
11.  Kesalahan dalam pengelompokan siswa



*        Lingkungan Masyarakat


1.      Kesalahan dalam memilih teman bergaul
2.      Bentuk kehidupan masyarakat yang tidak kondusif
3.      Tata tertib dan disiplin dalam masyarakat yang kurang baik
4.      Kegiatan siswa dalam masyarakat yang kurang mendapat pengawasan


Solusi 
Terkait dengan rendahnya prestasi belajar siswa yang rendah, maka perlu kiranya kita secara intens dan bersama-sama memberikan perhatian terhadap permasalahan ini sehingga siswa tidak merasa terpuruk dan enggan beranjak dari kondisi ini. 

 Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas prestasi belajar siswa, diantaranya :

1.      Proses pembelajaran harus efektif
2.      Siswa harus berperan aktif dalam proses pembelajaran
3.      Peranan orang tua pada belajar anak-anaknya harus maksimal. Orang tua harus mengetahui faktor mana yang mempengaruhi semangat belajar anak. Orang tua juga sebaiknya lebih memperhatikan pergaulan anaknya, memberikan kasih sayang dan perhatian lebih terhadap anaknya.
4.      Masyarakat sebagai tempat belajar siswa harus kondusif
5.      Kesadaran guru untuk bersikap hangat terhadap siswa
6.      Keadaan sekolah

        Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa, karena itu lingkungan sekolah yang baik dapat mendorong untuk belajar yang lebih giat. Keadaan sekolah ini meliputi cara penyajian pelajaran, hubungan guru dengan siswa, alat-alat pelajaran dan kurikulum. Hubungan antara guru dan siswa kurang baik akan mempengaruhi hasil-hasil belajarnya, Sehingga dibutuhkan kesadaran guru untuk bersikap hangat terhadap siswanya, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa.
First

Add your comment here ConversionConversion EmoticonEmoticon