Media Pembelajaran Kimia SMA Kelas XII Semester Gasal - Sifat Koligatif Larutan

Media dalam pembelajaran ada bermacam-macam jenisnya. Guru dituntut dapat mengetahui jenis dan karakteristik media pembelajaran dan dapat menggunakannya untuk kegiatan pembelajaran.

Manfaat media pada dasarnya dimaksudkan untuk membantu agar kegiatan pembelajaran lebih efektif mencapai tujuan dan efisien dalam hal tenaga, waktu, dan biaya. Penggunaan media pembelajaran, bukan sekedar berfungsi sebagai alat bantu mengajar melainkan media itu sendiri berfungsi sebagai penyampai pesan belajar. Dengan begitu media dapat membantu guru dalam menyajikan informasi belajar.

Media merupan alat yang digunakan oleh guru. Sementara yang tetap memiliki peran penting dalam proses pembelajaran adalah guru itu sendiri. Proses pendidikan membutuhkan kemampuan manusia yang tak bisa diperankan oleh media. Secanggih apapun media itu, pasti memiliki kelemahan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah contoh media pembelajaran. Media ini dibuat menggunakan aplikasi Adobe Flash. Media pembelajaran ini merupakan hasil tugas akhir kelas XII semester gasal saya. Tugas ini diberikan oleh bapak David Ariyanta, S.T selaku guru mata pelajaran desain grafis. Media pembelajaran ini berisi tentang materi "Sifat Koligatif Larutan" Kimia Kelas XII SMA Sederajat. Dan berikut ini adalah beberapa cuplikan dari isi media pembelajaran ini.





Apabila anda berminat untuk memiliki media pembelajaran ini, silahkan download di sini.
Baiklah sekian semoga bermanfaat! :)

Previous
Next Post »

Add your comment here ConversionConversion EmoticonEmoticon